| Farkryzer The Second Generation v.2.1 | Copyright © 2012 Friski G.P. Powered by Blogger |

Mau tukeran link dengan blog ini ? Kesini Sobat

Site Rank

PageRank

Buku Tamu

W3 Directory - the World Wide Web Directory
Mau tahu cara buat widget tersembunyi seperti ini ? Baca tutorialnya disini full css lebih ringan dari javascript

Farkryzer Post Section

... Selamat membaca ...

Membuat Widget Dock Style dengan CSS dan HTML


Note: Lewati Pembukaan dan perkenalan apabila ingin langsung ke caranya

Pembukaan

Sebelumnya kita telah membuat widget tersembunyi dengan CSS, sekarang saya akan mencoba share karya saya *sombong mode on mengenai cara membuat dock dengan CSS, no Javascript jadi ga akan buat size tambah besar.

Sebetulnya saya sudah agak lama mengetahui cara ini tapi saya tahan sharenya agar satu - satu keluarnya :D

Yang akan kalian temukan disini :

Perkenalan

A: Apa itu Dock ? Maksudnya membuat dermaga di blog mang bisa ???
F: bukan itu, maksud disini, dock yaitu susunan icon - icon yang disusun sedemikian rupa agar dimaksudkan mempercantik sebuah tampilan, tahu kan icon yang sejajar yang biasanya berada diatas atau bawah ? kalo
ga tahu lihat gambar di bawah ini :

http://3.bp.blogspot.com/_TWS9BUI_Z9Y/TOPqIOgc0CI/AAAAAAAAACE/MVLvGr7tRz0/s1600/dockgj7.jpg
Salah satu dock dalam Mac os

A : Oh tahu tapi kan itu bukannya ada di desktop linux atau Mac ?
F : Makannya saya coba share cara ini ke kamu agar tahu cara buatnya
A : Siap master !
F : Jangan panggil saya master pengetahuan saya masih sempit *malu


Step-stepnya
Oke saya sudahi wawancaranya :D, langsung saja saya mulai caranya yaitu :

1
Seperti biasa sobat buka Tata Letak Blogger kemudian buat widget HTML baru.

2
Kemudian sobat tinggal copy pastekan script dibawah ini, ( harap diperhatikan saya membuatnya dengan pengetahuan sendiri jadi apabila masih kurang dari sempurna jujur saya belum memasterkan ilmu ini :D ) :

3
1. Dock terletak dibawah :
<style>
ul#navigation{background:url(http://4.bp.blogspot.com/-_WXMZ1lQEFo/TwKFr5-wQ5I/AAAAAAAABEc/ud9Wf4N8f60/s1600/alas.png) bottom no-repeat;bottom:-25px;list-style:none;margin-left:310px;opacity:.3;position:fixed;width:400px;z-index:9;-moz-transition:all .2s ease-out;-webkit-transition:all .2s ease-out;-o-transition:all .2s ease-out}
ul#navigation:hover{opacity:.9}
ul#navigation li{width:60px;display:inline;float:left;border:0}
ul#navigation li a{background-position:center;background-repeat:no-repeat;background-size:40px 46px;display:block;float:left;margin-top:-2px;width:50px;height:25px;padding-top:40px;text-decoration:none;text-align:center;-moz-transition:all .2s;-webkit-transition:all .2s;-o-transition:all .2s;opacity:.7}
ul#navigation li a:hover{background-size:64px 64px;opacity:1}
ul#navigation .home a{background-image:url(http://1.bp.blogspot.com/-X1JURh08jMg/TwG7rMUtHAI/AAAAAAAABCY/C37Zdrcxvk8/s1600/home.png)}
ul#navigation .mail a{background-image:url(http://4.bp.blogspot.com/-__NpWdTfOls/TwHGF5BFx5I/AAAAAAAABDg/Y2IrZuAjoX0/s1600/mail.png)}
ul#navigation .link a{background-image:url(http://2.bp.blogspot.com/-dMNLRT9s1XI/TwG7r5y3f-I/AAAAAAAABC8/a9p2YL804c0/s1600/link.png)}
ul#navigation .history a{background-image:url(http://2.bp.blogspot.com/-mvM3qTHMtqs/TwHGF_JbI3I/AAAAAAAABDo/eTIKnRhkr68/s1600/history.png)}
ul#navigation .google-plus a{background-image:url(http://3.bp.blogspot.com/-mYeLKUmSUIw/TwKh0NUSWAI/AAAAAAAABFA/ayWLLvn4n8Y/s1600/google-plus.png)}
ul#navigation .rss a{background-image:url(http://3.bp.blogspot.com/-wQYg4jyRlqk/TwG7r9_wIyI/AAAAAAAABDI/ChlSo4eaqts/s1600/rss.png)}
ul#navigation .rss a:hover{background-image:url(http://2.bp.blogspot.com/-BzMRJaMHyg8/TwG7rBcy2tI/AAAAAAAABCg/RUtxM3kqalo/s1600/rss1.png)}
</style>

<ul id="navigation">
<li class="home" title="Kembali ke halaman utama Nama Site / Blog Sobat"><a href="isi dengan alamat blog / site sobat"></a></li>
<li class="mail" title="Kirim E-mail kepada Admin"><a href="mailto:isi dengan alamat e-mail sobat"></a></li>
<li class="link" title="Lihat Nama Site / Blog Sobat dengan tampilan magazine (Minimalis)"><a href="isi dengan alamat tampilan magazine sobat"></a></li>
<li class="history" title="Lihat keseluruhan Entri Nama Site / Blog Sobat"><a href="isi dengan alamat sitemap sobat"></a></li>
<li class="google-plus" title="Lihat Profil Google Plus Admin"><a href="isi dengan alamat profil google+ sobat"></a></li>
<li class="rss" title="Langganan Farkryzer dengan RSS Feeds"><a href="isi dengan alamat blog / site sobat/feeds/posts/default"></a></li>
</ul>

Note :
1
margin-left:310px : silahkan sobat rubah sesuaikan dengan lebar blog / site sobat, dengan hitungan 400px yaitu lebar docknya maka masukan margin-left:310px, karena 310px + 400px + 310px = 1020px (sesuai dengan lebar halaman blog saya sekarang). Contoh lain misal lebarnya 1000px maka margin-left:300px karena 300px + 400px + 300px, tenang saja hitungannya menggunakan matematika sederhana xD
2
Harap diperhatikan apabila sobat ingin merubah gambar iconnya pastikan ukurannya 64px x 64px agar seluruh icon menjadi selarah sehingga tampilan tidak berkurang
3
Lihat .home dengan class="home" atau .mail dengan class="mail" setiap elemen css dan html saling berhubungan satu sama lain jadi apabila sobat ingin merubah :
.google-plus menjadi .facebook maka rubah juga class="google-plus" menjadi class="facebook" agar script valid.
4
Untuk yang saya buat maksimal 6 icon dengan ukuran 40px x 46px, jadi apabila sobat menyalahi aturan nanti jadi berantakan, kecuali apabila sobat ingin mengembangkannya sendiri, tetapi saya ga tanggung jawab xD


Demo
Mau lihat demonya ? dah dijadiin widget tuh liat dihalaman bawah halaman ...

2. Dock terletak diatas :
<style>
ul#navigation{background:url(http://4.bp.blogspot.com/-_WXMZ1lQEFo/TwKFr5-wQ5I/AAAAAAAABEc/ud9Wf4N8f60/s1600/alas.png) bottom no-repeat;list-style:none;margin-left:310px;opacity:.3;position:fixed;top:5px;width:400px;z-index:9;-moz-transition:all .2s ease-out;-webkit-transition:all .2s ease-out;-o-transition:all .2s ease-out}
ul#navigation:hover{opacity:.9}
ul#navigation li{width:60px;display:inline;float:left;border:0}
ul#navigation li a{background-position:center;background-repeat:no-repeat;background-size:40px 46px;display:block;float:left;margin-top:-2px;width:50px;height:25px;padding-top:40px;text-decoration:none;text-align:center;-moz-transition:all .2s;-webkit-transition:all .2s;-o-transition:all .2s;opacity:.7}
ul#navigation li a:hover{background-size:64px 64px;opacity:1}
ul#navigation .home a{background-image:url(http://1.bp.blogspot.com/-X1JURh08jMg/TwG7rMUtHAI/AAAAAAAABCY/C37Zdrcxvk8/s1600/home.png)}
ul#navigation .mail a{background-image:url(http://4.bp.blogspot.com/-__NpWdTfOls/TwHGF5BFx5I/AAAAAAAABDg/Y2IrZuAjoX0/s1600/mail.png)}
ul#navigation .link a{background-image:url(http://2.bp.blogspot.com/-dMNLRT9s1XI/TwG7r5y3f-I/AAAAAAAABC8/a9p2YL804c0/s1600/link.png)}
ul#navigation .history a{background-image:url(http://2.bp.blogspot.com/-mvM3qTHMtqs/TwHGF_JbI3I/AAAAAAAABDo/eTIKnRhkr68/s1600/history.png)}
ul#navigation .google-plus a{background-image:url(http://3.bp.blogspot.com/-mYeLKUmSUIw/TwKh0NUSWAI/AAAAAAAABFA/ayWLLvn4n8Y/s1600/google-plus.png)}
ul#navigation .rss a{background-image:url(http://3.bp.blogspot.com/-wQYg4jyRlqk/TwG7r9_wIyI/AAAAAAAABDI/ChlSo4eaqts/s1600/rss.png)}
ul#navigation .rss a:hover{background-image:url(http://2.bp.blogspot.com/-BzMRJaMHyg8/TwG7rBcy2tI/AAAAAAAABCg/RUtxM3kqalo/s1600/rss1.png)}
</style>

<ul id="navigation">
<li class="home" title="Kembali ke halaman utama Nama Site / Blog Sobat"><a href="isi dengan alamat blog / site sobat"></a></li>
<li class="mail" title="Kirim E-mail kepada Admin"><a href="mailto:isi dengan alamat e-mail sobat"></a></li>
<li class="link" title="Lihat Nama Site / Blog Sobat dengan tampilan magazine (Minimalis)"><a href="isi dengan alamat tampilan magazine sobat"></a></li>
<li class="history" title="Lihat keseluruhan Entri Nama Site / Blog Sobat"><a href="isi dengan alamat sitemap sobat"></a></li>
<li class="google-plus" title="Lihat Profil Google Plus Admin"><a href="isi dengan alamat profil google+ sobat"></a></li>
<li class="rss" title="Langganan Farkryzer dengan RSS Feeds"><a href="isi dengan alamat blog / site sobat/feeds/posts/default"></a></li>
</ul>


Penutup

Agak ribet ya ? Maaf saya bukan seorang guru yang baik xD, tapi berjuang aja sob hasil baik itu tidak semudah yang kita bayangkan. . .

Apabila sobat ada masalah ketika membuat dock ini silahkan kirim scriptnya ke e-mail saya agar saya mencoba mengechecknya.

43 komentar:

  1. wah ternyata bisa dilakukan tanpa javascript ya.. makasih gan informasinya,

    BalasHapus
  2. thnks sob info nya..?? ijin aman kan dulu sob,buat koleksi hihihihih

    BalasHapus
  3. wah sumpah sob keren abies nih tips untuk membuat widget dock sob,, pasti semakin keren nih klo di taro di blog saya sob... tapi ini gak membuat blog semakin lambat kan sob???

    BalasHapus
  4. @Info Ngetrend : iya sob ga terlalu buat blog jadi berat

    @masnady_bloegreen: oke, sama - sama sob

    BalasHapus
  5. @Asis Sugianto: ngga sob justru lebih ringan ketimbang yang menggunakan javascript saya sudah pernah membandingkan dari sizenya juga

    BalasHapus
  6. Keren nih desain widgetnya terlihat elegan abiz

    BalasHapus
  7. info bagus ne kawan!!
    ditunggu kunjungan bailknya y??

    BalasHapus
  8. @Musa Khairul Umam: sip

    @DHENYSHARE: oke sob meluncur ...

    BalasHapus
  9. Arigato aja kalo docknya ditaro atas malah jelek ==

    BalasHapus
  10. @Okumura Yukio: oh gitu ya ...

    BalasHapus
  11. nice inpo sob... hadir kembali sobat... maaf baru bisa mampir ada halangan tadi... ehhe :)

    BalasHapus
  12. yang benner nih sobat bisa lebih ringan.. ok sob kodenya saya save dulu, nanti saya pasang di blog saya, untuk saat ini sy masih sibuk sobat...

    BalasHapus
  13. Wah,, keren nih sobat,,, ijin coba dulu nih,,

    BalasHapus
  14. Mohon kesediaannya sobat untuk mengambil awardnya disini sob http://ayriy.blogspot.com/2012/01/award-ketiga-ayriy-zone.html

    BalasHapus
  15. keren..keren...memang cerdas master nie.. :)

    BalasHapus
  16. @Black Angel Syndicate: iya sob gpp

    @Asis Sugianto: iya sob beneran kecil sizenya

    BalasHapus
  17. @AYRIY ZONE: wah dapet award, thx ya ...

    @Tonnys: biasa aja sob :)

    BalasHapus
  18. mantap sobat.... ini yang di cari2 izin COPAS code sob.....

    BalasHapus
  19. Wahhh..mantef banget tuh bang..hahahyyyy

    BalasHapus
  20. rumit bgt ya,nnti saya coba dlu deh
    salam kenal ya. ditunggu kunjungan baliknya sobat

    BalasHapus
  21. mampir lagi ke blog sobat untuk melihat cara membuat widget dock style...

    sukses terus sobat,, ditunggu postingan terbarunya sobat...

    BalasHapus
  22. buat sahabat yang sering mampir ke blog ane... tolong di ambil awardnya ya.....

    BalasHapus
  23. @all: thx sudah menyempatkan diri di entri saya :)

    BalasHapus
  24. Sob ada email untuk sobat,, mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  25. Sob ada email untuk sobat,, mohon bantuannya,,

    BalasHapus
  26. tutorial yang keren sob :D tapi saya capek sob ngotak-ngatik template soalnya nggak dapet blogwalking hehe sama kayak sekarang ini :D jadi tengah malem gini mampir k blog sobat :D

    BalasHapus
  27. sobat..... di ambilnya awardnya.... di tunggu loh.....

    BalasHapus
  28. @Sampeweweh: haha tapi jika berhasil sobat akan mendapatkan manisnya keberhasilan :D *Lebay ...

    @zhey five: asik ... dapet award lagi ... :)

    BalasHapus
  29. bookmark dulu ah.. kapan2 baru praktekin :D

    BalasHapus
  30. @Filio Kulas: oke sob silahkan :D

    BalasHapus
  31. waw nice info sob, semoga cocok dengan blog saya..:)

    BalasHapus
  32. @Arman: iya sob semoga cocok hehe

    BalasHapus
  33. wah sangat menarik ijin dicopas sahabat ...

    BalasHapus
  34. @BRI Jakarta Veteran: oke silahkan sob :)

    BalasHapus
  35. Wah kereeen..ijin copas sob n trma kasih

    BalasHapus
  36. @Intermediary Blog: silahkan sob :)

    BalasHapus
  37. wah si abang emang ga ada maatinya masalah css :D, buat nambah2 ilmu ane Ctrl D dulu bang :) . Keep post.

    BalasHapus
  38. @duniasharing: oke sob thx

    @sukague.com: tapi masih jauh dari sempurna :D

    BalasHapus
  39. makasih gan.
    gan kalau ganti menu scroll kayak agan bejimane??

    BalasHapus
    Balasan
    1. scroll buat halaman ? itu saya dapet waktu search digoogle lupa dapet dimana tapi setau saya khusus buat chrome saja

      Hapus

Share entri ini :