| Farkryzer The Second Generation v.2.1 | Copyright © 2012 Friski G.P. Powered by Blogger |

Mau tukeran link dengan blog ini ? Kesini Sobat

Site Rank

PageRank

Buku Tamu

W3 Directory - the World Wide Web Directory
Mau tahu cara buat widget tersembunyi seperti ini ? Baca tutorialnya disini full css lebih ringan dari javascript

Farkryzer Post Section

... Selamat membaca ...

Cara mencegah dan memperbaiki File Hasil Download yang Corrupt


Nah kali ini saya akan ngebahas mengenai cara meminimalisir terjadinya file yang corrupt dan bagaimana cara mengatasinya.

BAB I : Mencegah Hasil File Download Corrupt (terutama .rar)

Seperti yang telah kalian ketahui sobat Farkryzer, bahwa mendownload / mengunduh file adalah hal yang cukup penting dalam kehidupan ber-internet ria, bisa itu men-download musik, film (.. apa hayo), games, software dll.

Tetapi apa yang terjadi bila suatu file yang kita sudah susah payah download / unduh, dengan mengorbankan waktu, jiwa dan raga (mulai lebay), ternyata file itu (mayoritas .rar) mengalami corrupt/error (rusak). Maka dari itu saya punya tips untuk kalian cara mencegah / meminimalisir besar terjadinya hasil file yang corrupt setelah mengunduh file / mendownload file :

1. Kalian dapat menggunakan software pendukung untuk mendownload file seperti IDM, DAP dll. (meskipun beberapa browser telah mendukung cara download tanpa aplikasi tersebut tetapi aplikasi yang tadi saya gunakan bisa juga sebagai penambah kecepatan mendonload).

2. Yang Sobat Farkryzer lakukan sekarang adalah Atur kecepatan maksimal mengunduh file menjadi 50%, cara ini lumayan ampuh karena secara logika pun dapat di pahami kegunaannya tanpa saya jelaskan kepada kalian. Lalu bagaimana mengaturnya ? Baiklah baca dengan seksama caranya (caranya mungkin berbeda-beda untuk setiap software, tetapi saya akan mengambil contoh pada aplikasi IDM) :



Buka IDM kemudian pilih Options, nah sesudah itu akan muncul beberapa tab pilih tab Connection setelah itu kalian atur Max. Connections Number menjadi 8, bila kamu menyetingnya pada pilihan 16 (100%), kemungkinan besar file yang kamu download akan corrupt.
3. Dan yang satu ini mungkin dianggap sepele tetapi mungkin inilah yang menjadi penyebab selama ini file yang Sobat Farkryzer download / unduh sering terjadi corrupt / error yaitu: Sering mempause-startkan file ketika sedang di download.

Tidak dapat di pungkiri juga Sobat Farkryzer, jika file corrupt memang sudah benar-benar kesalahan dari servernya yang sedang error, orang yang meng-uploadnya membuat kesalahan sehingga file corrupt dll.  

Tetapi kita tidak boleh menyalahkan mereka yang sudah susah paya meng-upload, karena yang jelas mereka pasti berniat baik untuk berbagi kepada kita (downloader), hanya saja dalam suatu saat mereka berbuat kesalahan tanpa mereka sadari yg membuat file corrupt.



BAB II : Memperbaiki file .rar yang corrupt agar dapat di extract

Ini mungkin bisa menjadi jalan keluar bagi kalian yang sudah terlanjur mendapat file .rar corrupt sesudah mendownload / mengunduh file, tetapi sebaiknya jangan di hapus dulu masih ada cara untuk memperbaikinya (mesikpun tidak menjamin 100 % menjadi benar seutuhnyan, tetapi tidak ada salahnya kan mencoba). Maka dari itu simak caranya yang akan saya beritahu kepada para sobat Farkryzer.


Langsung aja to the point : 
Untuk file .rar yang Corrupt.
1. Klik kanan file .rar yang corrupt kemudian pilih Extract file...
2. Lalu sobat beri centang pada pilihan keep broken files .
3. OK.

Untuk memperbaiki file .rar yang Error
1.Open file .rar yang error
2. Maka akan muncul menu winrar, pada menu winrar Tools pilih Repair Archive atau lebih mudahnya tekan Alt+R bersamaan.
3. Ubah nama / Rename file tadi kemudian extract OK.

*Note: Kedua cara diatas tidak akan menjamin 100 % file akan menjadi benar karena kemungkinan berhasilnya dipengaruhi oleh tingkat kerusakan file .rar tersebut. Maka dari itu Sobat Farkryzer, mulailah dari sekarang untuk menerapkan tips mengatasi file corrupt yang telah saya bahas pertama kali membaca post ini.

Farkryzer

17 komentar:

  1. @ Dedi : mantab cepat juga responnya makasih sob :)

    BalasHapus
  2. Wihh mantap nih... nanti coba ah! :)

    BalasHapus
  3. terima kasih atas petunjukknya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  4. wah penjelasanya sangat lengkap.. makasih bro atas inpo nya..

    BalasHapus
  5. Thx gan, gw coba work...... Makasih byk

    BalasHapus
  6. Thx gan, gw coba work...... Makasih byk

    BalasHapus
  7. Thx gan, gw coba work...... Makasih byk

    BalasHapus
  8. i've tried so many ways to repair my download files, even using some rar repair software, still couldn't worked... any advise please?

    BalasHapus
  9. kalau gak salah,ane pernah liat ni artikel,di blog tetangga.

    BalasHapus
  10. napa aku gagal mulu ya gan

    BalasHapus

Share entri ini :